PENGARUH POLA MAKAN DENGAN DIABETES MELITUS DI RSUD SIBUHUAN

Authors

  • Dea Lestari STIKES Paluta Husada Author
  • Nurindah Lestari Ritonga STIKES Paluta Husada Author

Keywords:

Pola Makan , Diabetes Melitus , Hiperglikemia , RSUD Sibuhuan

Abstract

Diabetes Melitus (DM) adalah kelainan metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia akibat gangguan pada sekresi atau fungsi insulin. Pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor risiko utama yang dapat memicu terjadinya resistensi insulin dan berujung pada Diabetes Melitus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pola makan terhadap kejadian Diabetes Melitus di RSUD Sibuhuan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terkait kebiasaan makan, kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik untuk mengetahui hubungan antar variabel. Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang kuat antara pola makan dengan kejadian Diabetes Melitus. Pengelolaan pola makan sesuai prinsip 3J (Jadwal, Jumlah, dan Jenis) sangat efektif dalam mengendalikan kadar gula darah. Disarankan agar tenaga kesehatan mengintensifkan pendidikan kesehatan mengenai nutrisi yang tepat bagi pasien DM dan keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2026-07-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH POLA MAKAN DENGAN DIABETES MELITUS DI RSUD SIBUHUAN. (2026). JPMulti : JURNAL PENDIDIKAN PENGAJARAN MULTIDISIPLIN, 2(2). https://mmipublisher.yayasanmmi.com/index.php/multidisciplinary/article/view/83